[FILM] Ulasan Film Star Wars Eps IV : A New Hope

STAR WARS EPISODE IV : A NEW HOPE

Poster Film Star Wars IV

Di awali dengan tulisan A long time ago in a galaxy far far away... (pada zaman dahulu di galaksi yang sangat jauh..) dan music khas Star Wars. Kemudian di lanjutkan dengan sedikit ringkasan episode IV. Putri Leia memiliki rancangan senjata terakhir kerajaan Death Star, Sebuah stasiun angkasa yang mampu menghancurkan sebuah planet.

Di awali dengan adegan kejar-kejaran antara pesawat Putri Leia dengan pesawat musuh yakni Darth Vader. Karena ada tembakan yang mengenai pesawat Putri Leia, terjadi guncangan-guncangan yang di alami oleh awak pesawat putri Leia. Para penjaga pesawat berjaga di depan pintu masuk. Pesawat Putri Leia tersedot ke dalam pesawat Darth Vader. Pasukan Strom Troopers masuk dengan menghancurkan pintu dan terjadilah baku tembak antara strom troopers dan para penjaga pesawat Leia. Saat terjadi baku tembak,dua awak pesawat yakni C-3PO dan R2 D2 lewat begitu saja. Pesawat mulai dikuasai oleh pasukan Strom Troopers. Tujuan Pasukan Strom troopers ini sedang mencari dan menangkap Putri Leia. Putri Leia memasukan sesuatu file ke dalam R2 D2.  Storm Troopers akhirnya menangkap Putri Leia dengan tembakan pelumpuh. Putri Leia ditangkap dan ditahan agar memberikan informasi mengenai letak persembunyian pasukan pemberontak. R2 D2 pun menyuruh rekannya yakni C-3PO untuk kabur menuju planet terdekat dengan Pod. 

R2 D2 dan C-3PO saat tiba di gurun

Mereka berdua mendarat di gurun di planet tersebut. Seperti tidak ada kehidupan. R2 D2 selalu membicarakan tentang sebuah misi. Tapi C-3PO tidak paham dengan misi tersebut. Mereka berdua selalu berantem dan berdebat. mereka pun terpisah.
apa misi yang dibicarakan R2 D2? Akankah putri leia bebas dari Darth Vader?

Film ini merupakan film pertama yang diproduksi Star Wars pada tahun 1977. Bayangkan, orang Amerika sudah membuat film tentang perang bintang pada tahun segitu. Film ini bergenre Action, Adventure dan Fantasy. Sesuai dengan genre-nya, film ini benar-benar menampilkan aksi dan petualangan di luar angkasa,tembak-tembakan, dan adu light saber tentunya.
Walaupun tidak ada genre komedi yang di sebutkan,tetapi saya bisa menemukan adegan komedi dalam film ini. Adegan komedi banyak ditampilkan oleh dua tokoh yakni C-3PO dan R2 D2. Mereka selalu berantem dan berdebat. Perdebatan itu yang membuat saya tertawa. Terlebih C-3PO  sering mengejek dan memaki R2 D2 dengan candaan khas mesin atau droid. Yakni C-3PO memaki R2 D2 dengan sebutan dasar rabun jauh rongsokan, kamu akan rusak dalam sehari saat berada di gurun. Dan masih banyak lagi candaan dan makian yang disematkan kepada R2 D2 oleh C-3PO. Menurut saya itu adalah kata-kata lucu yang disampaikan oleh robot. Ternyata robot bisa juga memaki sesama robot. haha. di sini R2 D2 tidak bisa berbicara bahasa manusia. hanya suara khas robot. Dan yang mengerti bahasa robot R2 D2 hanya C-3PO. Jadi kita baru mengerti ucapan R2 D2 saat C-3PO merespon perkataan R2 D2.

R2 D2 sebelah kiri, C-3PO sebelah kanan

Film yang mempunyai durasi 2 jam 4 menit yang tidak membuat saya mengantuk. Salah satu penyebabnya yakni komedi yang ada di film ini. Selain itu, aksi yang ditampilkan juga memukau seperti adegan kejar-kejaran, tembak-tembakan dan petualangan yang dihadirkan. Saya tidak bisa menebak jalan cerita selanjutnya, seperti C-3PO dan R2 D2 akan bertemu siapa di gurun, apakah mereka bisa selamat dan lain sebagainya. Oh ya, menurut saya adegan pertarungan Light saber di akhir kurang nendang menurut saya. Koreografi pertarunganya kurang luwes, sehingga terkesan kaku. Dan juga ekspresi Obi-Wan saat bertarung kurang menunjukkan ekspresi saat bertarung sesungguhnya.

Pertarungan Light Saber

Walaupun adegan pertarungan light saber yang kurang bagus, tetap tidak membuat saya kecewa karena jalan cerita episode IV ini baik dan bagus. Inti cerita film ini yakni Pasukan Darth Vader mengejar Putri Leia karena Putri Leia memiliki rancangan pesawat Death Star. Dalam rancangan tersebut, terdapat kelemahan untuk menghancurkan pesawat itu, karena pesawat itu memiliki pelindung baja sehingga tidak bisa ditembak begitu saja. Nah rancangan itu berada di R2 D2 sehingga pasukan Darth Vader mencari rancangan itu dan juga ingin mengetahui letak persembunyian pasukan pemberontak melalui Putri Leia. R2 D2 memiliki misi untuk mencari seseorang karena orang tersebut bisa membantu Putri Leia. Misi mencari seseorang tersebut menghadirkan banyak petualangan dan pertemuan dengan tokoh-tokoh lainnya.
Oh ya, saya sendiri bukan fans Star Wars jadi ini adalah film Star Wars yang pertama kali saya tonton. dan hasilnya tidak mengecewakan. Film ini bisa dinikmati bersama keluarga.
Setelah nonton episode IV, Saya jadi penasaran dengan episode selanjutnya. dan saya juga penasaran dengan karakter-karakter lain yang akan ditampilkan serta aksi selanjutnya dari R2 D2 dan temannya C-3PO. 


Sex & Nudity : tidak ada.

Kekerasan : ada satu adegan tangan terputus, tetapi tidak sadis.

Rating Pribadi : 8.0/10

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film Star Wars Eps IV : A New Hope"

Posting Komentar