[FILM] Ulasan Film 3 Alif Lam Mim

3 ALIF LAM MIM

Poster Film 3 Alif Lam Mim

Film ini mengambil tempat di Jakarta pada tahun 2036. Telah banyak perubahan yang terjadi pada Indonesia sejak tahun 2015. Pada tahun 2026. Indonesia menjadi negara liberal yang terlihat damai dan anti kekerasan. HAM menjadi prioritas. Karena aparat tidak boleh menggunakan peluru tajam, kemampuan bela diri menjadi kebutuhan sangat penting untuk para penegak hukum maupun pelanggar hukum.

Film ini berfokus pada tiga tokoh utama yakni Alif, Lam dan Mim. Mereka bertiga sudah bersahabat sejak kecil dan mereka bertiga belajar bela diri di perguruan silat yang sama. Alif adalah anggota polisi di bagian Detasemen Anti Teror. Alif mempunyai idealisme tinggi. Dia adalah polisi jujur yang ingin menumpas kejahatan yang terjadi di kota Jakarta. Kolonel Mason adalah atasannya Alif dan dia memegang teguh SOP dalam menangani penjahat.

Alif saat dipanggil oleh Kolonel Mason

Lam bekerja sebagai jurnalis di kantor Liberinesia. Dia juga memiliki idealisme tinggi. Dia sering menulis berita apa adanya tanpa mengubah berita asli dan tidak memihak siapapun. Sayangnya prinsip Lam bersebrangan dengan atasan Liberinesia. 

Lam saat berada di Kantor Liberinesia

Mim menjadi Ustadz di Pesantren Al-Ikhlas yang dipimpin oleh Kyai Muklis. Kyai Muklis, yang mempunyai pengetahuan di bidang pengobatan, mendirikan klinik kecil-kecilan di Pesantren Al-Ikhlas. Mim ingin menyebarkan kebaikan melalui agama dan mati dalam keadaan khusunul khatima.

Mim yang menjadi Ustadz

Konflik film ini muncul saat terjadi ledakan di Candi Cafe. Polisi datang dan melakukan olah TKP. Penyelidikan polisi berakhir dengan petunjuk bahwa pelaku pengeboman berasal dari Pesantren Al-Ikhlas. Alif yang merupakan anggota polisi datang ke Pesantren Al-Ikhlas untuk menangkap Kyai Muklis. Mim yang tidak terima dan merasa bahwa Kyai Muklis bukan dalang dari peledakan bom di Candi Cafe, melakukan perlawanan. Mim pun berkelahi dengan Alif. Kyai Muklis yang penurut dan taat kepada peraturan negara, menyerahkan diri dan bersedia ditangkap serta di bawa ke kantor kepolisian. Karena keberhasilan Alif menangkap Kyai Muklis, Kolonel Mason mengajak Alif bertemu di restoran Tiongkok. Saat berada di restoran kebenaran mulai terungkap. Kolonel Mason mempunyai tujuan membunuh beberapa orang jahat yang berada di cafe. Kolonel Mason sengaja menaruh bom didalam tas murid pesantren Al-Ikhlas agar mereka menjadi kambing hitam. Peledakan ini bertujuan untuk menciptakan keseimbangan. Lebih baik orang jahat itu mati dan orang-orang baik yang tetap hidup.

Film yang berdurasi 1 jam 43 menit ini bergenre action dan drama. Menurut saya film ini terlalu terburu-buru di awal. Seperti ingin cepat-cepat menceritakan latar belakang ketiga tokoh ini. Dan ada beberapa adegan yang sebaiknya tidak perlu ditampilkan. Misalnya saat Alif berkelahi dengan Lam di rumah Alif. Lebih baik, Lam langsung berbicara maksud kedatangannya ke rumah Alif. Dari segi action, saya kagum dengan film ini. Tapi saya lebih berdecak kagum saat Mim berkelahi dengan musuh. Mim terlihat memang kuat dan hebat. Pertarungan di depan pesantren saat hujan adalah pertarungan yang keren menurut saya.

Alif melawan Mim

Saat pertengahan film baru terasa halus dan santai saat berpindah adegan. Pemandangan gedung-gedung di kota Jakarta merupakan animasi. Animasinya pun belum halus. Menurut saya film ini mempunyai makna yang bagus dan mendalam, namun pembawaan dalam film kurang maksimal dan terasa belum matang.

Saya menonton film ini di tv bukan di bioskop, mungkin ada adegan yang dipotong. Film ini disutradari oleh Anggy Umbara. Bagi anda yang menonton film ini pasti anda merasa seperti menonton film comic 8 dan comic 8 casino king. Tentu saja anda merasa demikian, karena Anggy Umbara menjadi sutradara dalam film itu. Selain film itu, ada film Mama Cake di tahun 2012. Saya sudah menonton ketiga film itu dan saya suka ketiganya.

Sex & Nudity : tidak ada.

Kekerasan & Darah : ada kekerasan karena film action

Rating : 6.0/10

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film 3 Alif Lam Mim"

  1. wah bagus kayanya ya, review yg detail+menarik xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. makna filmnya bagus , makasi kunjungannya :)

      Hapus
  2. gan,, sekalian link downloadnya,, biar dk penasaran.. "I Like Action"

    BalasHapus
    Balasan
    1. uda banyak sih di google gan, saya nontonnya yg TVRIP.
      saya download di sini http://onemore71.com/download-film-indonesia-3-full-movie-bluray-720p.html
      Actionnya bagus gan.
      terima kasih kunjungannya :)

      Hapus
    2. Iya gan.. nnti tk coba dwnload... utk skrng jringan lelet mnta ampun.. he
      Sama2 gan

      Hapus
  3. Balasan
    1. mmg keren kog, adegan berantemnya mantap :D

      Hapus
  4. waw film indonesia keren tu :D , kapan beredar nya film itu ?
    http://kamumaster.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. sprtny tahun lalu deh, dan penayangan film ini di bioskop cm sbntr, pdhl film ini cukup bgs lo,

      Hapus
  5. Jadi pengen nonton nih :)

    Thanks gan

    BalasHapus