Penjelasan Singkat Badan Amerika

Saat menonton film-film Holywood, pasti Anda menemukan singkatan-singkatan yang berkaitan dengan lembaga seperti FBI, LAPD, dan lain-lain. Anda pasti bingung dengan kepanjangan dari lembaga tersebut lalu tugas apa saja yang dilakukan oleh lembaga tersebut. Saya akan menjelaskan secara singkat mengenai lembaga tersebut.
1. NYPD

Lambang NYPDAnggota Polisi NYPD




NYPD : kepanjangannya yakni New York police department. kepolisian New York. disini NYPD seperti Polisi Daerah di indonesia.


2. LAPD



Lambang LAPDAnggota polisi LAPD

 LAPD : Los Angeles Police Departmen seperti NYPD.



3. FBI


Lambang FBIAnggota FBI






FBI (Federal Bureau of Investigation) Biro Investigasi Federal Amerika merupakan biro investigasi tertinggi di departemen keadilan Amerika oleh sebab itu lah FBI memiliki ototitas investigasi paling tinggi dari penegak hukum lain di Amerika. Disini seperti Polri atau Polisi yang lebih besar dari NYPD dan LAPD dan lain-lain. FBI lebih menangani kasus yang relatif komplek dan dikategorikan skala nasional atau kejahatan yang melibatkan lebih dari satu negara bagian. Dengan kata lain, FBI menangani kejahatan yang mengancam keamanan Amerika. seperti teroris dan lain-lain. Jadi Yurisdiksi FBI yaitu Seluruh negara Amerika Serikat.


4. SWAT


Anggota SWAT

SWAT (Special Weapon And Tactic) Ini merupakan bagian FBI. Swat seperti Densus 88. Pasukan ini beroperasi pada saat moment tertentu, beda dengan polisi reguler yang bekerja setiap hari.

5. DEA

Lambang DEAAnggota DEA




DEA (Drug Enforcement Administration) Badan ini Mengurusi pemberantasan dan peredaran narkoba. Kalo di Indonesia seperti BNN.


6. US Marshals

Lambang US MarshalAnggota US Marshal saat bertugas




US Marshals Service (USMS), adalah lembaga penegakan hukum federal tertua. Tugasnya menjaga keamanan gedung pengadilan, transportasi tahanan, pengejaran residivis, dan penyerahan surat perintah.


7. CIA


Lambang CIA


CIA (Central  Intelegence Agency) adalah Badan Intelejen Amerika. Kalau di indonesia disebut BIN. CIA hanya boleh beroperasi diluar Amerika Serikat. Mereka boleh melakukan apa saja sepanjang itu demi mengamankan kepentingan AS termasuk menculik, membunuh, mengebom, menyuap, juga menggulingkan presiden yg tak sehaluan dengan AS.



8. NSA


Lambang NSAMarkas NSA
NSA (National Security Agency) adalah lembaga intelejen yang tugas utamanya melakukan penyadapan, pemecahan sandi, dan pengamanan informasi rahasia. Perbedaannya dengan CIA adalah titik berat operasinya. Kalau CIA menggunakan pendekatan human intelligence, sementara NSA menitik beratkan pada signal intelligence.
Di Indonesia, NSA sama dengan Lembaga Sandi Negara.

9. IRS

Lambang IRS


IRS (Internal Revenue Service)  Badan Federal As  yang mengurusi penegakan hukum masalah perpajakan. Di Indonesia seperti Direktoral Jendral Pajak.

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Penjelasan Singkat Badan Amerika"

  1. Yang hana belum tahu dea dan us marshal :) makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 :) , biasanya singkatan Badan-badan ini sering muncul dalam film. biar ga bingung, saya bagikan info ini :)

      Hapus
    2. bagaimana dengan DOD ? trus jika ada kasus dimana melibatkan FBI dan CIA apakah ada kemungkinan mereka berbeda pendapat / aturan / tindakan ? sapa yang punya otoritas lebih tingi ?

      Hapus
    3. DOD yg dimaksud itu Department of Defense kah?
      FBI dan CIA itu memiliki yurisdiksi yg berbeda. FBI itu bertindak di dalam negeri sdgkn CIA di luar negeri. jadi menurutku ga bakal menangkap pelaku yg sama. berdasarkan pendapat peribadi saya :)

      Hapus
  2. Thank u gan.. Tapi menurut saya CIA klo di Indonesia tidak bisa disebut BIN karena sejak kapan BIN jadi badan rahasia seperti CIA, Badan yg tugasnya mencampuri urusan negara-negara lain, Bertugas diluar negeri, dan Sebagai badan keamanan negara skala internasional?

    Dan setahu saya IRS bukan hanya menangani pajak tapi juga menangani bea cukai

    Satu lagi ATF adalah Badan penegak hukum amerika yg menangani ttg Alkohol, tembakau, senjata api, dan bahan peledak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya menggunakan BIN karena sama-sama Badan Intelijen dan agar lebih mudah memahaminya saja walaupun tugasnya berbeda.
      Terima kasih atas masukan dan koreksinya.

      Hapus