[FILM] Ulasan Film Pan's Labyrinth

PAN'S LABYRINTH

Poster Film Pan's Labyrinth

Sebuah mobil berjalan menuju suatu tempat. Mobil tersebut berisi Ibu hamil dan anak perempuannya yang bernama Ofelia. Ofelia sangat suka dengan cerita-cerita dongeng. Ibu nya tidak senang karena Ofelia terlalu senang dengan dongeng. Saat diperjalanan, Ibu bercerita bahwa mereka pergi ke pondok untuk bertemu dengan ayah angkatnya.
Ayah tiri Ofelia dalah Kapten Vidal. Akhirnya mereka sudah sampai dan Ofelia sudah bertemu dengan Ayah tirinya. Saat malam hari, ada peri yang menghampiri Ofelia dan mengajak Ofelia menuju labirin yang berada di belakang pondok. Begitu sampai di Labirin, Ofelia bertemu dengan makhluk aneh dan menyeramkan yang berbentuk kambing yang berdiri tegak, Makhluk aneh tersebut menyebut namanya yaitu Faun. 

Makhluk yang menyeramkan bernama Faun

Faun bercerita bahwa Ofelia adalah Putri Raja Dunia Bawah. Faun bercerita bahwa Ayahnya telah menunggu Ofelia di bawah tanah. Ayahnya pun telah membuka banyak portal di dunia agar Ofelia bisa kembali ke Dunia Bawah Tanah, salah satunya portalnya adalah labirin yang ada di pondok.
Faun memberi 3 tugas agar Ofelia bisa kembali ke Dunia Bawah Tanah. Bisakah Ofelia kembali ke dunianya ? 

Film bergenre Drama, Fantasi dan Perang ini mempunyai durasi 1 jam 58 menit. Film ini bersetting pada tahun 1944 dimana sedang ada perang saudara antara pasukan tentara fasis baru dengan pasukan gerilya. Ayah tiri Ofelia adalah kapten yang memimpin pasukan fasis baru. Pondok tempat Kapten Vidal tinggal dijadikan markas melawan pasukan gerilya. 

Kapten Vidal menunjukkan tang dalam introgasi

Film ini tidak hanya menyorot tentang Ofelia dan dunianya tapi juga Kapten Vidal dalam memimpin melawan pasukan gerilya. Kapten Vidal sendiri memiliki karakter yang sadis dalam mengintrogasi musuh. Dia pun pernah membunuh 2 orang yang dicurigai sebagai pasukan gerilya. Padahal 2 orang tersebut memang orang biasa.

Kembali ke Ofelia, Saya pun mulai penasaran dengan petualangan Ofelia. Ofelia pun mulai mengikuti tugas yang diberi oleh Faun. Dalam menjalani tugasnya, Ofelia bertemu dengan makhluk aneh dan juga menyeramkan. Saya pun menjadi takut saat melihat makhluk aneh tersebut. Namun Ofelia tidak takut, Dia pun bisa menyelesaikan misinya dengan cukup baik walaupun ada sedikit kecelakaan. Faun pun marah saat Ofelia cerita bahwa terjadi kecelakaan, Faun pun tidak mau bertemu dengan Ofelia cukup lama.

Sementara itu keadaan Ibu Ofelia mulai kritis dan akan melahirkan. Ibu Ofelia pun meninggal saat melahirkan bayi. Ofelia kembali bersedih. Dia sudah kehilangan kedua orang tua kesayangannya. Ofelia pun jadi sendiri. Ayah tirinya diharapkan sayang kepada Ofelia ternyata tidak sayang kepada Ofelia dan cenderung bersikap kasar kepadanya. Ofelia semakin ingin kembali ke dunia bawah tanah agar bisa jauh dari ayahnya yang kasar.

Kapten Vidal berlaku kasar kepada Ofelia

Faun pun datang kembali dan memberi tugas terakhir kepada Ofelia. Faun pun menyuruh Ofelia membawa adiknya ke labirin dan tanpa pertanyaan. Ofelia pun mulai menjalankan tugas terakhirnya dengan sigap.

Film yang hampir memiliki durasi 2 jam ini cukup membuat saya penasaran dengan jalan cerita kedepannya. Jalan ceritanya sendiri yang disuguhkan pun tidak seperti jalan cerita fantasi kebanyakan seperti hidup di dunia dongeng dengan makhluk-makhluk yang lucu. Film ini lebih tepat disebut Dark Fantasy, karena berisi makhluk-makhluk seram dan aneh serta sering bersetting pada malam hari. Sebenarnya kita bisa melihat dalam film ini bahwa monster tidak hanya berbentuk makhluk aneh tapi juga bisa dalam bentuk manusia. Walaupun tokoh utama dalam film ini adalah anak-anak, tapi film ini tidak cocok ditonton oleh anak-anak karena berisi konten sadis dan darah yang cukup banyak.

Mungkin bagi sebagian orang merasa film ini tidak seru dan membosankan tapi bagi saya film menarik dan menyuguhkan fantasi dari sisi yang berbeda. Bagi yang penasaran boleh dicoba menonton film ini.

Sex & Nudity : tidak ada.

Kekerasan & darah : cukup banyak tapi masih dalam tahap wajar.

Rating Pribadi : 7.5/10

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film Pan's Labyrinth"