[FILM] Ulasan Film A Clockwork Orange

A CLOCKWORK ORANGE

Poster Film A Clockwork Orange

Empat pemuda sedang duduk di Bar susu dan melamun. Mereka berempat bernama Alex, Pete, Georgie dan Dim. Mereka berempat merupakan satu geng berandalan yang di ketuai oleh Alex. Mereka sedang berpikir apa yang mau dilakukan saat malam hari. 

Alex dan 3 Temannya duduk di Bar Susu

Mereka pun keluar dan memutuskan untuk memukul pria tua mabuk yang ada di bawah jembatan. Setelah puas memukul Pria tua mabuk tersebut, mereka berjalan-jalan lagi dan melewati gedung tua. Disana ada Billyboy dan 4 temannya. Mereka berempat pun mulai berkelahi dengan Billyboy dan gengnya. Belum puas berkelahi, Mereka berempat menaiki mobil dengan kebut-kebutan yang membuat pengguna jalan lain menjadi kecelakaan. Mereka menuju rumah orang kaya dan mulai memukul tuan rumah serta memperkosa istri tuan rumah. 

Alex dan 3 Temannya sedang beraksi Kriminal

Karena hari mulai malam, mereka berempat memutuskan untuk menyudahi aksi mereka dan pulang ke rumah. Keesokan harinya, mereka berempat memulai aksi mereka kembali ke rumah wanita tua. Saat memasuki rumah wanita tua tersebut, Alex tidak sengaja membuat wanita tua tersebut meninggal. Saat keluar dari rumah, Alex dikhianati oleh ketiga temannya yang membuat dia tertangkap polisi. Bagaimana keadaan alex setelah itu??

Film yang disutradarai oleh Stanly Kubrick ini memiliki durasi sekitar 2 jam bergenre crime, drama dan sci fi. Film ini mengisahkan tentang perilaku kejahatan dalam diri seorang manusia. Alex dalam film ini yang mempunyai sifat sesuka hati dan berandalan. Dia tidak segan-segan melukai orang lain termasuk teman satu gengnya sendiri. Walapun dia berandalan, dia menyukai musik karya musisi Ludwig van Beethoven. Kepribadian Alex berubah saat dia masuk penjara. Dia menjadi lebih disiplin dan religius. Saat dipenjara Alex mendengar isu bahwa ada teknik pengobatan baru  yang membuat napi bisa bebas dari penjara dengan cepat. Alex ingin ikut menjadi pasien pengobatan tersebut karena dia ingin cepat bebas dari penjara mengingat dia divonis 14 tahun penjara karena kasus pembunuhan. Singkat cerita Alex menjadi pasien pengobatan baru tersebut dan menjalani pengobatannya. Pengobatan yang dijalani ini termasuk tidak biasa. 

Alex sedang Terapi Pengobatan Baru

Pasien diharuskan menonton film kekerasan tanpa boleh berkedip dan berhenti sejenak. Disini terlihat Alex mulai terlihat tidak nyaman dan merasa kesakitan. Kita bisa melihat bahwa pelaku kriminal pun bisa merasa tidak nyaman saat melihat adegan kekerasan.  Padahal sebelum masuk penjara, Alex sangat menikmati tindakan kekerasannya. Setelah beberapa hari pengobatan berlangsung, banyak perubahan terjadi dalam diri Alex. Alex tidak bisa lagi melakukan tindak kekerasan karena saat dia hendak melakukan kekerasan dia merasa mual dan sakit. Saat Alex bebas, Keluarga alex tidak mau menerima Alex lagi. Alex pun minggat dari rumahnya. Saat dijalan dia bertemu pria tua yang pernah dilukai waktu dulu. Pria tua tersebut balas dendam dan memukul Alex. Alex tidak berdaya dan terjatuh. Saat terjadi keributan, 2 polisi pun datang. Alex pun kaget saat melihat polisi tersebut. Dua polisi tersebut adalah Georgie dan Dim. 

Dua Teman Alex sedang Menyiksa Alex

Mereka berdua pun balas dendam dengan memasukkan kepala Alex ke dalam bak air. Alex tidak bisa melawan karena efek dari pengobatan baru tersebut. Alex pun disiksa hingga berdarah. Sungguh malang nasib Alex. 

Alex pun berjalan tanpa arah dan tanpa disangka dia menuju rumah tempat dia dulu melakukan tindakan kekerasan. Tuan rumah belum menyadarinya hingga suatu waktu ada hal yang mengingatkan tuan rumah tersebut dengan pelaku kriminal dulu. Tuan rumah tersebut kemudian menyiksa Alex dan membuat Alex loncat kerumah dengan niat bunuh diri.

Saya menjadi kasihan melihat kondisi Alex yang disiksa terus menerus. Padahal dia sudah berubah saat masuk penjara dan setelah menjalani pengobatan barunya. Kita bisa melihat bahwa pelaku kiriminal tidak mudah dimaafkan oleh korban atas hal yang pernah dilakukannya dulu. Sepertinya, hukuman dirasa tidak cukup untuk menghukum para kriminal. Korban merasa masih perlu melakukan hukuman tambahan agar pelaku benar-benar tersiksa. Melihat hal ini saya jadi berpikir siapa saja bisa menjadi penjahat. Korban-korban tetap melukai Alex yang tidak berdaya dan tidak bisa melawan. Selain itu, saya juga melihat dengan teknik pengobatan baru ini bisa membuat pemimpin yang totaliter. Semua rakyat menjadi pasien pengobatan baru tersebut sehingga pemimpin bisa leluasa melakukan tindakan-tindakan kekerasan terhadap rakyatnya karena mereka jadi tanpa perlawanan dan tak berdaya. Yang terakhir hanya opini saya saja. hehe.

Film ini tidak cocok ditonton bersama keluarga, karena beisi muatan-muatan dewasa.

Sex & Nudity : ada 5 adegan telanjang. Ada adegan pemerkosaan yang menurut saya tidak menggangu.

Kekerasan & Darah : cukup banyak. Tapi masih dalam tahap wajar.


Rating Pribadi : 7.5/10

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film A Clockwork Orange"