Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint

Ikon Paint

Jaman sekarang, setiap orang memiliki smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang bagus. Kita bisa mengambil foto dengan mudah untuk momen-momen yang berharga dan jarang kita alami seperti liburan keluar negeri, mendapat hadiah dan lain-lain. Terlebih lagi sekarang jamannya sosial media, kita menjadi sering post foto atau video agar mendapat banyak like atau viewer. 

Saat kita mendapat momen yang bagus kita mengambil foto untuk menjadi kenangan atau bukti bahwa kita pernah mengalami hal tersebut. Hasil foto yang didapat pun bagus diikuti dengan resolusi dan ukuran yang besar sekitar 1 MB ke atas. Apabila kita mau mengunggah foto tersebut ke sosial media, membutuhkan kuota yang besar pula. Selain itu pada beberapa situs seperti kaskus mempunyai aturan bahwa foto atau gambar yang di upload tidak boleh terlalu besar. Contohnya yaitu ava kaskus yang tidak boleh melebihi 200 KB.

Lalu bagaimana cara memperkecil ukuran foto atau gambar?
kita bisa menggunakan aplikasi paint. Paint adalah aplikasi bawaan windows, Jadi kita tidak perlu menginstal aplikasi lain lagi.

 Berikut adalah caranya:

1. Klik kanan pada foto yang diinginkan > pilih open with > klik paint
Pilih Open With > pilih Paint

2. klik Resize > klik Pixels
Klik Resize > klik Pixels
Didalam kotak Pixels kita bisa melihat kolom Horizontal dan Vertical yang diisi oleh angka resolusi asli dari foto yang kita pilih. Kita bisa memasukkan angka sesuai yang diinginkan. Misalnya 800 pada kolom Horizontal maka kolom vertikal akan terisi otomatis.
Masukkan Angka yang diinginkan
Setelah selesai anda memasukkan angka yang diinginkan, klik OK.

3. Pilih Save as > pilih JPEG Picture > masukkan nama foto yang diinginkan dan disimpan ditempat
    yang anda inginkan.
Pilih Save as > klik JPEG picture


Anda bisa langsung melihat hasilnya. 
Perbedaan Ukuran Foto Setelah di edit & Asli

Ukuran foto asli yang saya gunakan memiliki ukuran yaitu 1.75 MB. Setelah di edit menggunakan paint, ukuran fotonya menjadi 176 KB. Sekarang anda mempunyai ukuran foto yang lebih kecil dengan mudah tanpa perlu menginstal aplikasi lain.

Selamat mencoba.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint"

Posting Komentar