Pengalaman Lari di Event Lari Sensasional 2015 di Solo

LARI SENSASIONAL 2015

Poster Lari Sensasional 2015

Acara ini diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura I dengan tajuk Airsport Running Series 2015-2016 yang akan digelar di 4 kota yakni Solo, Lombok, Kupang dan Manado. Solo menjadi kota pertama diselenggarakannya event lari ini pada tanggal 20 Desember 2015 Bertempat di bandara Adi Soemarmo. Karena saya penasaran dengan event ini, maka saya memutuskan untuk ikut event ini.
Selanjutnya saya melakukan pendaftaran online di website angkasapura-supports.com/running. Selain pendaftaran online, kita juga bisa melakukan pendaftaran offline di bandara Adi Soemarmo. Untuk membiayai pendaftarannya yakni Rp 150.000.

Biaya Pendaftaran Lari Sensasional

Setelah saya melakukan pendaftaran, saya diinformasikan untuk melakukan pembayaran melalui transfer bank dalam waktu 1x24 jam. Selanjutnya saya mengirim bukti transfer dan mendapat email konfirmasi untuk pengambilan race pack pada tanggal 17-18 Desember 2015 di Bandara Adi Soemarmo. Sayangnya pengambilan race pack tidak bisa diambil pada H-1. Tapi racepack bisa diambil saat hari H. Saya mendapat informasi itu dari twitter event ini. Bentuk medali dan jumlah medali yang akan diberikan pelari juga belum diumumkan oleh panitia. Saya berharap medali yang akan diberikan bagus.

Pada tanggal 17 Desember 2015 sekitar Pukul 12.00 WIB, saya tiba di bandara Adi Soemarmo untuk mengambil racepack. Pengambilan race pack di sekitar bagian kedatangan internasional.

Area Kedatangan Internasional Bandara Adi Soemarmo

Kira-kira seperti ini keadaan di tempat racepack collection, terlihat sepi. Mungkin karena saya datang pukul 12.00.
Suasana Race Pack Collection

Setelah mengambil race pack, saya cek isi race pack yang saya peroleh yakni Kaos lari tanpa lengan, BIB, dan brosur sponsor. saya tidak memperoleh peta track lari dan info start lari pukul berapa. Saya bertanya kepada panitia saat mengambil race pack dan beliau mengatakan start pukul 06.00 WIB.

Isi Race Pack yang saya terima

Hari H pun tiba, saya sampai di bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 05.30. Sudah ada beberapa pelari yang tiba di bandara. saya melihat ada TNI yang ikut event ini. mungkin sekitar 30 orang.

Suasana sebelum start lari

Sebelum lari, ada pemanasan sebentar yang dilakukan oleh instruktur senam untuk semua peserta lari agar tidak cedera saat lari nanti. Tidak begitu lama untuk sesi pemanasan, kemudian dilanjutkan dengan start lari. Para peserta mulai bersiap-siap sebelum start. Untuk peserta yang start duluan yakni kategori 10 K, kemudian 5 K dan terakhir 2.5 K.

Suasana detik-detik start

Saat start lari


Dan lari pun dimulai. Para peserta lari 10 K start duluan. Saya lari dengan santai saja karena saya tidak berharap podium. Bagi saya yang penting finish dengan selamat dan strong. Track lari yakni sekitar Bandara Adi Soemarmo. Panitia mendirikan water station di setiap 2.5 K. Saat saya di water station, panitia memberikan air bagi para peserta lari. Air yang diberikan yakni air mineral. Ya sudah saya minum sebentar dan lanjut lari lagi. Saat lari saya melihat bule yang ikut lari juga.

Sekitar 1 jam saya finish dengan selamat dan strong. Saya melewati garis finish dan mengambil medali serta refreshment yang disediakan. Panitia memberikan air mineral botol dan pisang bagi para peserta. Tidak ada minuman isotonik yang disediakan untuk para peserta lari.

Pengambilan medali dan resfreshment

Setelah saya makan pisang dan minum air sedikit, saya mengamati medali yang diberikan. ternyata medali yang diberikan tidak memiliki perbedaan bagi peserta 5 K dan 2.5 K. Semua medali tertulis 10K.

Bentuk medali Lari Sensasional

Waduh, kasian peserta 5K dan 2.5 K yang mendapat medali 10K. Menurut saya bentuk medali yang diberikan kepada peserta cukup bagus dan kokoh. Mari bahas yang lain. Setelah lari, para peserta dihibur dengan hiburan musik. Ada band yang tampil yang siap menghibur para peserta lari. Tidak hanya itu, ada bazar juga. Bazar dipenuhi oleh stand-stand baik makanan,minuman dan lain-lain.

Bazaar yang dipenuhi banyak stand

Panggung utama


Ini adalah hasil endomondo saya.

Hasil Endomondo saya

Tidak lupa saya foto untuk mengabadikan momen event ini dengan teman-teman saya dari semarang runners.

Foto bersama semarang runners



Berikut penilaian saya :
+ refreshment yang tersedia banyak
+ bentuk medali yang cukup bagus
+ tersedia cukup banyak bilik toilet
+ BIB terdapat RFID
+ Penitipan barang

-  bentuk medali sama semua untuk jarak tempuh yang berbeda
-  tidak ada peta track lari
-  tidak ada minuman isotonik

Sekian cerita dan pengalaman yang saya alami. Terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Lari di Event Lari Sensasional 2015 di Solo"

Posting Komentar