[FILM] Ulasan Film Drishyam

DRISHYAM

Poster Film Dirshyam

Seorang bapak yang sedang duduk di sel tahan kantor polisi Pondolem tampil saat awal film. Bapak tersebut bernama Vijay Salgaonkar. Vijay ini merupakan pengusaha. Dia memiliki usaha tv kabel/berlangganan bernama Mirage Cable Network di desa Pondolem, Goa. Karena usaha di bidang tv kabel/berlangganan, Vijay sering menonton film-film action,kriminal dan lain-lainnya saat berada di kantornya.
Jadi Vijay ini bukan polisi atau inspektor ya, haha. Vijay tidak bekerja sendiri, dia memiliki asisten laki-laki yang bernama Jose. Banyak tingkah dan adegan lucu saat Vijay dan Jose bersama. Kantor Vijay berdekatan dengan kantor polisi Pondolem dan Hotel & Warung makan Martin. Vijay sering makan dan nongkrong di warung tersebut. Di daerah ini, ada polisi yang jahat,nakal , dan bandel. Polisi ini bernama Gaitonde. Gaitonde ini sering memeras dan kadang memalak warga lokal Pondolem. Gaitonde ini memiliki citra yang buruk di mata masyarakat lokal. Ada satu masalah yang menimpa pasangan lansia akibat ulah Gaitonde. Vijay yang tahu solusi dari masalah pasangan lansia ini pun membantu mereka. Vijay mengetahui solusinya karena sering menonton film-film. Vijay ini memang cerdik.

Keluarga Vijay saat di meja makan

Perlu di ketahui bahwa Vijay ini Putus sekolah saat kelas 4 SD. Orang yang cerdik walaupun tidak sampai perguruan tinggi. Vijay memiliki seorang istri bernama Nandini, dan dua orang anak perempuan bernama Anju sebagai kakak dan Anu sebagai adik. Sampai disini masalah belum muncul. Masalah baru muncul saat Anju ingin kemah bersama teman-teman dari sekolah yang ada di seluruh Goa. Saat kemah, ada anak laki-laki bernama Sam yang suka merekam cewek-cewek yang ikut kemah dengan hapenya. Sam ini terbilang bandel dan memiliki niat jahat, karena dia merekam Anju yang sedang mandi dengan hp miliknya. Waduh. 

Saat kemah selesai, Sam menemui Anju untuk memperlihatkan rekaman Anju yang sedang mandi. Tujuan Sam yakni ingin mengambil keuntungan dari keadaan Anju yang terancam. Apabila Anju tidak mau memberi yang Sam mau, maka Sam akan menyebar video tersebut. 

Ketika Sam bertemu Anju untuk menunjukkan video

Kemudian Sam memberi tahu tempat untuk ketemuan yakni di belakang rumah Anju saat malam hari. Singkat cerita, Sam datang ke belakang rumah Anju dan masuk ke dalam. Tak disangka, ada ibu Anju yang berada di dalam juga. Saat Sam menoleh ke Ibu Anju, Anju ingin merusak hape yang dibawa oleh Sam. Maksud hati ingin merusak hape, eh Anju malah memukul kepala Sam hingga meninggal. Mereka berdua pun menjadi panik. Mereka berdua langsung mengubur Sam di halaman rumah. Keesokan paginya saat bapaknya pulang ke rumah, mereka melapor dan memberitahukan peristiwa kemarin malam kepada bapaknya. Bapaknya pun langsung memutar otak agar anaknya tidak masuk penjara. bapaknya pun baru tahu bahwa Sam adalah anak polisi berpangkat IRJEN di Goa. Bagaimana kelanjutannya? Akankah Vijay ditangkap polisi?

Ini adalah film India keempat saya yang saya tonton sampai habis. Film India memang tidak kalah dengan film Hollywood. Apabila Anda bosan dengan film Hollywood, tak ada salahnya anda mencoba nonton film ini. Film ini mempunyai alur lambat. Saat awal-awal saya cukup bosan mengikuti film ini namun semuanya berubah saat terjadi konflik di atas. Awal film ini menyuguhkan adegan komedi yang menurut saya cukup lucu, namun suasana komedi mulai berkurang dan diganti dengan suasana ketegangan. Film ini membuat saya betah menonton film ini sampai akhir. perlu diketahui film ini berdurasi 2 jam 43 menit. Alasan saya betah menonton film ini karena kecerdikan yang ditampilkan oleh Vijay. Vijay sungguh cerdik disini. Vijay disini ditampilkan sebagai bapak yang sayang dengan keluarganya. Dia mengerahkan segala daya dan upaya untuk melindungi keluarganya. Film ini menampilkan dua keluarga yakni keluarga Vijay dan keluarga Sam. Dalam film ini tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah 100 %. jadi disini ditampilkan hal yang abu-abu. Tidak selamanya orang baik selalu melakukan kebaikan, begitu pula dengan orang jahat yang tidak mungkin tidak memiliki niat baik.

Seperti yang kita ketahui, film India identik dengan menyanyi dan menari. Tapi dua hal itu tidak kita temui di film ini. Film ini hanya menyajikan lagu yang berkaitan dengan konflik yang dihadapi. Menurut saya, lagunya bagus dan enak untuk didengar. Tentunya lagunya dalam Bahasa India. Walaupun ada adegan menari dalam film ini, saya tetap bisa menikmati dan tidak mempunyai masalah dengan itu. :D

Film ini bergenre drama, misteri dan thriller. Film ini bisa di nikmati oleh remaja. Apabila ingin menonton dengan anak kecil, boleh saja tetapi film ini cukup berat apabila dinikmati oleh anak kecil.

Oh ya, film ini banyak menggunakan kata tempat dan lokasi di India. Saya buta mengenai geografis India sehingga saya bingung ketika menonton film ini. Kemudia saya mencari mengenai lokasi dalam film ini. Jadi ini hasil yang saya peroleh, Goa adalah negara bagian India yang terletak di pesisir barat India. Kalau diandaikan dengan kondisi di Indonesia. maka Goa adalah provinsi, Panaji adalah Ibu kota provinsi, dan Pondolem adalah kabupaten atau desa.

Sex & Nudity : tidak ada hubungan sex. Ada adegan punggung Anju di video, hanya punggung yang ditampilkan. Ada video yang cukup menampilkan adegan dewasa dinikmati Vijay. tapi tidak menampilkan ketelanjangan dan sex

Kekerasan : ada adegan kekerasan. Menurut saya tidak sadis.

Rating pribadi : 8.5/10

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film Drishyam"

Posting Komentar