[FILM] Ulasan Film Sicario

SICARIO

Poster Film Sicario

Di awali dengan penjelasan singkat kata Sicario. Kemudian adegan selanjutnya mengambil tempat di daerah Chandler, Arizona. Beberapa pasukan SWAT sedang mengendap-endap hendak melakukan penggerebekan dan penangkapan di suatu rumah. Pasukan SWAT lainnya di dalam mobil sedang dalam perjalanan menuju rumah target.
Mobil SWAT tersebut langsung menghantam rumah dinding rumah dan langsung melakukan penyerbuan. Terjadi penangkapan dan sedikit baku tembak. Saat penggerebekan selesai, Salah satu angggota ada yang melihat sesuatu di balik tembok rumah. Ternyata didalamnya terdapat mayat. Mayatnya tidak sedikit, melainkan banyak. Saat melakukan penggeledahan di rumah target tersebut, terjadi ledakan yang mengakibatkan 2 anggota polisi tewas.

Saat mau melakukan penggerebekan

Kate Macer (Emily Blunt) merupakan pemimpin dalam melakukan penggerebekan tempo hari. Kate dan rekannya dipanggil oleh atasannya. Atasan Kate bersama dengan agen CIA yakni Matt Graver sedang melakukan rapat. Matt Graver ingin mengajak Kate Macer untuk mencari dan menangkap orang yang bertanggung jawab atas ledakan yang terjadi di Chandler tempo hari. Kate Macer pun mau ikut dalam tim penangkapan tersangka, Manuel Diaz.

Akan kah Manuel Diaz tertangkap?

Film ini bergenre action, crime dan drama. Saya penasaran dengan film ini karena trailer film ini menampilkan adegan polisi yang sedang mengendap-endap hendak melakukan penggerebekan. Wah pasti ini film action penuh tembak-tembakan. Ternyata saya salah. Film ini sedikit menampilkan aksi baku tembak antara polisi dengan penjahat. Jadi bagi yang mencari aksi tembak-tembakan dalam film ini, anda akan kecewa.  eitss, jangan kecewa karena sedikitnya adegan tembak-tembakan. Anda bisa menikmati film ini dari segi drama. yaps, drama. 

Jadi anda harus mengikuti dan menyimak percakapan dalam film ini. Karena film ini sendiri menyimpan misteri. Saat pertama kali menonton film ini, saya dibuat bingung sampai 3/4 film. Saya baru sadar inti dari film ini setelah menonton akhir film ini. Tidak salah film ini menyimpan misteri, karena film ini disutradai oleh Denis Villeneuve. Denis Villeneuve ini pernah menjadi sutradara di beberapa film yakni Prisoners, Enemy dan Incendies. Jadi jangan heran apabila anda menonton film ini anda akan sangat bingung. Sama, saya juga bingung. Beberapa hal yang membuat bingung yakni, pihak berwenang, yurisdiksi dan lokasi. Nanti saya akan beritahu sedikit.
Awal film yang menampilkan mayat-mayat membuat saya merinding dan takut. tidak hanya itu Sound effect dalam film juga membuat saya deg-degan, terutama saat misi membawa tahanan menuju Amerika. Wah pasti bakal terjadi baku tembak.

Adegan jalan di tol yang macet


Bagi yang bingung, berikut ringkasan inti cerita dalam film ini.
Kate ikut dalam tim Matt karena ingin menangkap pelaku peledakan di rumah target tempo hari. Pelaku peledakan tersebut yakni Manuel Diaz. Tim Matt terdiri dari Marshall, DEA, anggota tentara dan Alejandro. Banyak cara dan aksi yang dilakukan Tim Matt untuk menangkap Manuel Diaz yang membuat Kate bingung, Saya juga bingung. Saat di akhir, Kate tahu bahwa dirinya telah dimanfaatkan oleh Matt. Matt membawa Kate dalam misinya karena agen CIA tidak bisa beroperasi dalam perbatasan amerika tanpa membawa agen domestik yakni Kate. Kate disini hanya korban pemanfaatan Matt agar misinya suskes.
Misi terakhir yakni menyerang terowongan dan menangkap Manuel Diaz. Kate salah masuk terowongan, disitu terlihat Alejandro menembak seseorang dan menyandera polisi. Seseorang tersbut tidak membawa senjata malah ditembak. Kate pun tahu tujuan dari misi ini. Bahwa untuk mengendalikan kartel narkoba yang saingannya sudah besar.
Alejandro pun masuk ke rumah Fausto. Fausto saat itu sedang makan malam bersama keluarganya. Alejandro pun mengatakan mengenai keluarganya yang di bunuh oleh Fausto. 

Alejandro sedang menodong senjata

Akhirnya, Alejandro membunuh keluarga Fasco karena balas dendam. Seharusnya, keluarga Fausto tidak ditembak, melainkan Fausto ditangkap dan ditahan di penjara. Alejandro adalah Sicario sesuai dengan judul film ini.


Bila ingin mengetahui lebih lengkap mengenai urutan ceritanya bisa lihat Penjelasan Cerita Sicario

Apabila anda mengira tokoh utama film yakni Kate, maka anda salah. Alejandro lah tokoh utama film ini. Kate disini adalah kita sebagai penonton yang tak tahu apa yang terjadi.


Berikut profil tokoh dalam film ini:
Kate Macer adalah anggota FBI yang baru dan ketua tim tanggap penculikan. Dia mempunyai ideologi yang tinggi dan jujur. Oleh karena itu kita bisa melihat di akhir film ini, Kate terlihat tidak mau menandatangani surat yang isinya misi Matt sudah sesuai prosedur. karena Kate tahu bahwa operasi kemarin tidak sesuai SOP.

Alejandro dulunya Jaksa Juarez. Dia punya istri dan anak perempuan. Mungkin saat memenjarakan Guillermo, Fausto marah dan membunuh istri dan anak perempuan Alejandro. Alejandro pun belajar mencaji hitman aka Sicario atau pembunuh bayaran untuk balas dendam kepada Fausto karena telah membunuh anggota keluarganya.

Matt Graver adalah anggota CIA, beberapa opini di internet yang saya baca, dana besar CIA itu berasal dari penjualan narkoba. Karena peredaran narkoba tidak bisa diberantas habis, maka CIA menunjuk satu bandar narkoba besar yang menguasai amerika. nah ternyata bandar narkoba di meksiko juga besar. CIA ingin memberantas bandar narkoba disana agar tidak ada saingan lagi.

Anggota tentara. dalam film ini terlihat tentara. Opini yang saya baca, setelah mereka pulang dari Afganistan, mereka tidak mempunyai pekerjaan lagi, sehingga mereka mau menjadi tim Matt.

Manuel Diaz  adalah bos besar kartel di Meksiko. Dia merupakan pemilik rumah yangg meledak. tempo hari dan dia bekerja untuk kartel sonora.

Guillermo adalah saudara laki-laki manuel diaz. Dia sudah dipenjara di Juarez.

Fausto Alarcon adalah sepupu Manuel Diaz. Dia yang membunuh keluarga Alejandro.

Film ini untuk remaja dan dewasa. film ini berdurasi 2 jam yang cukup membuat anda mengantuk apabila anda bingung dan tidak mengerti seperti saya.

Sex & Nudity             : ada adegan cium yang menuju hubungan sex, tetapi tidak terjadi sex.

Kekerasan & Darah : banyak darah, mayat, ada bagian tubuh yang terpotong. kekerasan juga ada dalam film ini


Rating Pribadi : 7.3/10



Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film Sicario"

  1. Makasih review-nya, akhirnya saya tidak bertanya2 lagi ttg jalan cerita film ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2, :)
      film ini mmg cukup membuat saya bingung, tp saya cari tahu inti ceritanya dan posting sprt ini biar org lain tidak bingung lg, :)

      Hapus