[FILM] Ulasan Film 500 Days of Summer

500 DAYS OF SUMMER

Poster Film 500 days of Summer

Catatan penulis tampil di awal film ini, kemudian ditampilkan gambar kota dan pohon serta angka (500) days of summer yang artinya 500 hari bersama Summer. Setelah itu hari mundur menjadi hari ke-488. Terlihat seorang cowok dan seorang cewek sedang duduk bersama di taman kota. Narator pun mulai berbicara, " Ini kisah pemuda bertemu seorang gadis".
Hari pun mundur kembali di Hari pertama. Seorang pemuda itu bernama Tom Hansen yang berasal dari New Jersey. Si gadis, Summer Finn dari Michigan. Tom bertemu Summer pada 8 Januari. Narator mengingatkan bahwa kisah ini bukanlah kisah cinta. Lagu pembuka pun mulai terdengar. Saat lagu pembuka ditampilkan video-video saat Tom dan Summer masih anak-anak. Menurut saya itu adalah cerita mereka dulu sebelum bertemu saat remaja atau dewasa.

Hari pun dimajukan kembali di hari ke-290. Tampak Tom sedang galau dan memecahkan piring. Dua teman Tom yakni Mckenzie dan Paul sudah berusaha menenangkan Tom tetapi tidak berhasil. Jadi mereka menelpon Rachel untuk datang ke apartemen Tom. Rachel pun datang dengan sepedanya menuju apartemen Tom. Rachel yang hanya mampu menenangkan kakaknya. Setelah tenang Tom pun bercerita mengenai hubungan dengan Summer yang awalnya berjalan baik. Summer mengatakan bahwa sebaiknya Tom dan Summer tidak bertemu lagi. 

Ketika 2 teman Tom dan Rachel menenangkan Tom

Tom menjadi galau karena Summer memutuskan hubungan mereka dan Summer ini istimewa di hati Tom. Teman Tom menyarankan agar Tom melupakan Summer, karena masih banyak wanita lain di luar sana. Tetapi Tom tidak mau dan ingin kembali dengan Summer. Setelah sesi curhat tadi, kita kembali lagi ke hari pertama dimana Tom dan Summer pertama kali bertemu dan belum pernah menjalani hubungan bersama. Bagaimana  Tom dan Summer bisa berhubungan? Bagaimana akhir hubungan mereka?

Film ini bergenre komedi, drama, romantis. Walaupun narator tadi mengingatkan bahwa film ini bukan kisah cinta, tapi kita tetap bisa menemukan cinta dan hal romantis. Ini bisa terlihat dari usaha Tom untuk berdekatan dengan Summer. Awalnya, Tom tidak tertarik dengan Summer.

Saat Tom dan Summer berada di Lift

Tapi itu semua berubah ketika Summer memuji selera lagu Tom saat mereka berdua di dalam lift kantor. Tom pun mulai mendekati Summer dengan cara mengobrol, mengajak jalan dan lain-lain. Kita juga bisa melihat momen romantis dan lucu saat mereka berdua sedang jalan. Misalnya mengucapkan kata P*nis dengan keras saat sedang duduk santai di taman. Selain itu memainkan peran seorang suami dan istri di toko perabotan rumah. Saya pun tertawa melihat tingkah mereka berdua.

Ketika Tom dan Summer berada di taman

Setelah beberapa hari mereka menjalani hubungan, Tom pun bertanya mengenai status mereka. Summer pun tidak mau masuk ke hubungan yang serius karena tidak percaya cinta. Tapi Tom tetap ingin mendapatkan hati Summer. Melihat semua usaha yang dilakukan oleh Tom, saya jadi merasa sedih saat melihat ending film ini. Film ini sebenarnya bukan film antara dua pasang insan yang sedang jatuh cinta tetapi cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Film ini menjadi semakin menarik tidak hanya karena unsur komedi, tetapi juga karena adanya lagu-lagu soundtrack yang sangat mendukung untuk film ini. 


Film ini pun memiliki jalan cerita menarik yakni alurnya yang maju mundur. Saat pertama menonton, penonton malah disuguhkan pertengahan dan hampir hari terakhir bersama Summer. Kita pasti bisa menebak bagaimana akhir hubungan mereka, karena hampir memperlihatkan hari terakhir bersama Summer. Ketika film mau selesai, ternyata dugaan saya salah. Film ini menunjukkan akhir yang bahagia dan mungkin bisa dilanjutkan menjadi film selanjutnya bila Sutradara nya punya cerita selanjutnya. hehe
Film ini dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt sebagai Tom dan Zooey Deschaneloo sebagai Summer.

Film ini bisa dinikmati oleh remaja. Menurut saya cocok bila ditonton bersama pasangan walaupun tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan. Karena ada hal unik yang bisa dilakukan bersama pasangan kita nanti.

Sex & Nudity : Cukup banyak menampilkan adegan dimana Tom dan Summer ciuman. Tidak ada hubungan sex antar mereka berdua. Tidak ada Nudity.

Kekerasan : satu adegan memukul.

Rating Pribadi : 7.5/10

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "[FILM] Ulasan Film 500 Days of Summer"